Jumat, 23 Maret 2012

Latihan Senam Jari Pada Bass




     Mungkin teman -teman pernah nonton konser sutau band, atau pagelaran musik, yang didalamnya banyak menonjolkan skill permainan bass yang khususnya speed permainan cepat.Atau bisa dikatakan permainan bass jalan.Bagi teman yang masih pemula mungkin bertanya - tanya dalam hati, kok bisa cepat kayak gitu ya, gimana caranya.Dan pastinya sepulang dari nonton ingin mencobanya sendiri, adan ternyata...ahahahhaa....sulit bangettt.....!!!!!.

     Ini bisa dimaklumi. karena memang belum terbiasanya jari kita untuk bermain cepat.Saya sendiri, yang notabene mulai belajar main bass sejak tahun 98, sampai sekarang belum bisa memainkan permainan bass jalan dengan speed tinggi yang rapi.  

     Kembali pada bagaimana cara memainkan notasi senar bass dengan speed cepat, Setelah teman - teman memgetahui kunci dan notasi pada senar bass.Kita mencoba memainkan sebagai tehnik latihan dasar, anggap saja pengenalan jari kita terhadap senar bass.

Yang pertama, perhatikan gambar dibawah ini :


 Cara memainkannya :

- Tempatkan jari telunjuk pada titik nomer 1, jari tengah padatitik nomer 2, jari manis pada titik nomer 3, dan jari kelingking pada titik nomer 4. 
- Nah setelah itu kita mainkan nada secara bergantian dengan memetik dari titik 1 - 2 - 3 - 4, lakukan secara perlahan dan ulangi terus hingga jari kita merasa kelelahan, istirahatkan selama 1 menit lalu coba lagi dengan kecepatan yang lebih cepat.Namun perlu diingat, usahakan nada yang terdengar rapi, jangan asal cepat tapi berantakan. Oleh sebab itu lakukan secara bertahap hingga kalian merasa mampu menambah kecepatan.

     Setelah cukup dengan notasi - notasi tersebut, lakukan lagi namun dengan cara terbalik. Mainkan nada secara bergantian dari titik 4 - 3 - 2 - 1, lakukan lagi sama seperti cara di atas.

Latihan Tehnik yang kedua, perhatikan gambar berikut :



     Sekarang kita gunakan metode latihan dasara di atas dengan variasi latihan yang lain. Mainkan nada dititik 1 - 2 - 3 - 4 (pada senar 4, perhatikan gambar), kemudian lanjutkan pada senar yang lain, mainkan nada dititik 5 - 6 - 7 - 8, teruskan hingga nada dititik 16. Juga sama, lakukan secara berulang-ulang, lalu coba dengan melakukannya secara terbalik (dari titik 16 sampai 1).Perlu di ingat juga, sama seperti latihan diatas tersebut, usahakan nada yang dipetik terdengar rapi, jangan asal cepat tapi berantakan.


     Untuk variasi - variasi lainya, bisa kalian praktekkan sendiri.Caranya juga sama dengan tehnik latihan yang pertama dan kedua.Contohnya bisa kalian lihat gambar dibawah ini :














Semoga bermanfaat dan Selamat berlatih.***

0 comments:

Posting Komentar


" Keep Picking Ya' Bass..."
http ://www.intisari-sunbasspro.blogspot.com