Selasa, 14 Juni 2011

MERAWAT SENAR BASS


Senar Bass



     Di bawah ini adalah beberapa metode dan cara perawatan senar bass yang mungkin bisa sedikit membantu bagi teman - teman bass player agar instrument bass kalian  tetap selalu nyaman saat dimainkan :

Membuat suara string lebih sustain

      String, atau senardalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan fisik maupun perubahan kualitas. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain;

1.Kelembaban Udara (Humidity)
2.Kebersihan jemari
3.Lifetime

      Sebagai langkah untuk menghemat pengeluaran, atau jika ingin mengganti string hanya karena alasan sustain dan lifetimenya sudah kadaluwarsa, cobalah beberapa langkah di bawah ini. Mungkin hasilnya tidak seperti sustain string baru, namun cukup bisa memberikan perbedaan yang berarti.

- Lepas semua string instrument bass,mulai dari string yang terbesar (E untuk bass 4-string), string terkecil (G), kemudian kedua string A & string D.
- Rebus string beberapa menit ke dalam air mendidih yang telah dicampuri larutan cuka secukupnya.
- Pasang kembali dan akan kita dapatkan string mempunyai sustain yang lebih baik. Silahkan coba jika teman - teman ingin mendapatkan hasilnya.

Menyetel string

      Mungkin selama ini teman - teman  tidak memperhatikan bagaimana jarak string itu bisa mempengaruhi kenyamanan alat musik bass kita. Langkah-langkah berikut mungkin juga bermanfaat bagi teman - teman bass player semua :
.
Jarak Nut terhadap sadlle

      Jarak Nut terhadap Saddle akan mempengaruhi intonasi string. Maksudnya jika kita mainkan open string sudah seharusnya pada fret ke-12 dan fret ke-24 mempunyai pitch 1 dan pitch 2. Atau mengeluarkan nada yang sama. Tidak boleh terlalu tinggi, atau terlalu rendah walaupun itu hanya sedikit sekali.
Jika fret ke-12 dibunyikan pitch nya terlalu tinggi, kendorkan string kemudian kencangkan skrup saddle agar string bisa terbentang lebih panjang. Atur hingga intonasi nya sesuai. Gunakan chromatic tuner untuk mengatur intonasi ini.
Perlu diperhatikan bahwa intonasi ini sangat dipengaruhi oleh ukuran string yang digunakan. Jadi sebelum mengganti string, pastikan bahwa ukuran (diameter) string sama. Jika tidak teman - teman  harus menyetel seperti langkah-langkah di atas.

Jarak nut dari fretboard

      Pada fret ke-1, jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan fretboard seharusnya 1,5mm. Jika tidak atur ketinggian Saddle dan Nut terhadap permukaan Fretboard.

Jarak string terhadap fret ke-7

      Pada fret ke-7 (di atas besi fret ke-7) jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan paling atas fret ke-7 seharusnya 1,5mm – 2mm. Jika tidak atur posisi trust-rod apakah Neck perlu disetel cembung atau cekung. Pemutaran sekrup trust-rod tidak boleh lebih dari 1/8 putaran untuk sekali putar !!!

Jarak string terhadap fret ke-7

     Pada fret ke-24, jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan atas fret ke-24 seharusnya 2,5mm. Jika tidak atur posisi ketinggian saddle secukupnya. Sebelum memutar sekrup saddle dengan kunci L, kendorkan dahulu string agar bridge tidak tergores karena pergerakan sekrup (kaki) saddle. 

     Semoga bermanfaat.***

0 comments:

Posting Komentar


" Keep Picking Ya' Bass..."
http ://www.intisari-sunbasspro.blogspot.com