Jumat, 01 Juli 2011

TIPS MEMBELI BASS SECOND


BASS SECOND

     Bagi teman - teman bass mania mempunyai alat sendiri, sebuah atau lebih gitar bass adalah merupakan  suatu rasa kepuasan tersendiri bukan?Akan tetapi perlu di ingat bahwa membeli gitar bass tidaklah harus baru, harus disesuaikan dengan isi kantong saku kita masing - masing.Bass second adalah alternatifnya.
Dan tentunya

     Di postingan ini saya akan berbagi tip untuk bisa dijadikan acuan  dalam memilih bass second yang akan kita beli.Kita tidak harus terpancang  dengan suatu merk yang sudah terkenal saja, karena belum tentu bass tersebut normal atau layak untuk kita pakai.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bass second, yakni

1.Body

     Bentuk maupun warna body tidaklah terlalu begitu berpengaruh. Entah itu warnanya sudah usang ataupun masih bagus,akan tetapi yang lebih penting body harus tidak boleh retak.

2.Neck

     Apabila necknya hanya cembung atau cekung tidak menjadi masalah, karena masih bisa diluruskan. Tapi kalo neck-nya melintir, nah itu yang harus dipikirkan dulu, sulit untuk memperbaikinya bahkan sudah bisa dikatakan tidak bisa di perbaiki.Jalan satu - satunya adalah menggantinya dengan  neck baru.

3.Fret

     Untuk fret jelas harus kita cek satu persatu, apakah miring atau tidak / aus atau tidak. Karena akan mempengaruhi nada yang dihasilkan nantinya.

4.Karakter sound

     Nah, untuk karakter soundnya hal pertama yang harus kita lakukan adalah kita cek sound-nya. Sound yang saya maksud disini adalah lebih ke karakter bass tersebut, apakah sudah sesuai dengan karakter yang kita inginkan atau tidak, karena jika kita mencoba bass second tersebut yang otomatis masih menggunakan senar lama, hasilnya bisa jadi akan terpendam dan ini bukan berarti sound dari bass bekas tersebut “jelek”.
Perlu diketahui, bahwa bedanya antara sound dan karakter adalah: karakter merupakan bagian dari sound. Apabila sound kurang jelas ( bisa jadi disebabkan oleh senar yang sudah usang ) bukan berarti bass tersebut memiliki karakter yang tidak bagus. Yang jelas adalah karakter sound tetap terlihat hanya tidak maksimal. Jadi jangan langsung kita vonis bahwa sound bass bekas tersebut jelek hanya karena kita baru mencobanya.

5.Circuit

     Untu komponen elektroniknya juga harus benar - benar kita perhatikan. Apakah ada kabel yang kendor atau lepas atau tidak. Cek juga potensionya, karena jika potensio kotor akan menyebabkan noise, begitu juga dengan lubang jacknya harus kita cek juga.

6.Pickup

     Sedangkan untu Pick Up nya, kabel yang terhubung ke pickup harus kita pastikan tidak lepas atau kendor. Cek juga baut yang mengikat pickup. Jika pickup terlalu banyak goyang akan mengakibatkan noise maupun cepat putusnya kabel penghubung pickup.Nah untuk tahap yang paling akhir kita coba satu - persatu pick up neck, kemudian bridge, dan gabungan kedua - duanya apakah masih berfungsi atau tidak.

     Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.***


0 comments:

Posting Komentar


" Keep Picking Ya' Bass..."
http ://www.intisari-sunbasspro.blogspot.com