Rabu, 22 Februari 2012

Tips Memilih Amplifier Bass Yang Berkualitas



     Mungkin teman - teman pernah kecewa, ketika membeli sebuah produk sound system, yang khususnya dalam hal ini adalah Bass Amplifier, ternyata suara yang dihasilkan tidak seperti yang kita harapkan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang berguna dalam memilih produk sound system yang baik. Berikut beberapa tips perlu kita perhatikan, dengan memperhatikan spesifikasinya :

1. Daya Amplifier
Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan kita. 
- Untuk penggunaan pribadi seperti latihan cukuplah memilih smplifier dengan daya 1-20watt. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack head phone yang sangat berguna terutama bagi yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk headphone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu “atraksi” kita. 
 
- Apabila amplifier tersebut akan kita gunakan untuk berlatih bersama dalam suatu group band lengkap dngan drum dan alat band, maka sebaiknya kita memilih amplifier yang berdaya 70watt atau diatasnya. Dengan demikian suara yang dihasilkan dari amplifier tersebut tidak akan tenggelam oleh bunyi dentuman dan hentakan beat drum. 
 
- Untuk penggunaan diatas panggung, kita bisamenggunakan daya yang lebih besar, yakni sedikitnya 125watt atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrumen musik yang sedang kita mainkan.

2.Fasilitas Amplifier
Pilih fasilitas yang kita perlukan. Jangan membeli amplifier yang memiliki fasilitas yang sebenarnya tidak kita butuhkan, bila hal tersebut menambah harga yang harus kita bayar. Kecuali bila dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik, maka tidak ada salahnya kita memilihnya.

3.Kualitas Amplifier
Pilih amplifier yang berkualitas baik.Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan oleh Bass, dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah. ( low bass ) atau frekuensi yang sangat tinggi ( high treble ). Namun untuk amplifier Electric Bass hal ini ( karakteristik flat ) memang tidak berlaku karena khusus jenis instrument ini diperlukan kekhususan karakter frekuensinya. Pada dasarnya untuk Amplifier Electric Bass diperlukan frekuensi yang rendah, tetapi tidak diperlukan frekuensi yang tinggi.

4. Model Amplifier
Model dan penampilan amplifier mungkin dapat kita jadikan petimbangan yang terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagus menurut seseorang belum tentu bagus juga menurut orang lainnya.Semua kembali pada diri kita masing - masing.Namun kebanyakan musisi professional, model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Karena mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier.
 
Semoga bermanfaat.***
 

0 comments:

Posting Komentar


" Keep Picking Ya' Bass..."
http ://www.intisari-sunbasspro.blogspot.com