Jumat, 23 Maret 2012

Mengenal Interval Dalam Bass



     Yang dimaksud dengan Interval adalah terbentuknya sebuah chord yang akhirnya menjadikan pula terbentuknya harmoni. Untuk mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord bisa terbentuk, tentu saja kita harus mempelajarinya.Dari mana kita harus memulainya?.
     
     Pertama, kita harus belajar dengan menggunakan logika, atau belajar secara teori.Mengapa demikian?, karena secara tidak langsung,  teori adalah ibarat sebuah perangkat bagi seorang musisi. Dengan mempelajari teori kita dapat mengetahui alasan kita bermain seperti itu, bagaimana cara bermain seperti itu, bagaimana cara menghasilkan musik yang seperti itu. Yang nantinya akan menumbuhkembangkan ide - ide yang lebih luas.

     Yang kedua, adalah belajar mempraktekkanya.Pada saat kita sudah mengetahui dan menguasainya dengan lebih baik, tentu saja ini akan sangat membantu saat kita "transcribe" atau mempelajari sebuah lagu.Ini akan kita sadari dengan sendirinya, karena dengan kita menguasai interval, maka kita sudah dapat dipastikan mengetahui susunan melodi dan chord tersebut, bahkan tanpa menggunakan alat musik.


Yang membangun melodi dan harmoni adalah interval, dapat dikatakan interval adalah jarak antara dua nada. Contoh berikut akan menggambarkan jarak interval dari nada pertama (Root), jarak yang terkecil (jarak setengah nada/half step) hingga ke oktaf/octave.

Contoh Interval pada C major scale

C major scale:
C D E F G A B C
1 2 3 4 5 6 7 8

FIRST INTERVAL.......................Root/prime note/note awal

SECOND INTERVAL.................Jarak dari C ke D
THIRD INTERVAL......................Jarak dari C ke E
FOURTH INTERVAL..................Jarak dari C ke F
FIFTH INTERVAL.......................Jarak dari C ke G
SIXTH INTERVAL......................Jarak dari C ke A
SEVENTH INTERVAL...............Jarak dari C ke B
EIGTH INTERVAL......................Jarak dari C ke C yang lebih tinggi/octave
Interval-interval tersebut terdapat dalam C major scale dan dinamakan diatonic interval. Ada dua macam interval dalam diatonic interval yaitu major interval dan perfect Interval

C ke C adalah Unison

C ke D adalah Major Second

C ke E adalah Major Third

C ke F adalah Perfect Four

C ke G adalah Perfect Fifth

C ke A adalah Major Sixth

C ke B adalah Major Seventh


Semoga bermanfaat.***


0 comments:

Posting Komentar


" Keep Picking Ya' Bass..."
http ://www.intisari-sunbasspro.blogspot.com